Teknik Otomasi di Industri

Teknik Otomasi di Industri

Robotisasi atau otomasi industri atau kontrol numerik merupakan pemanfaatan sistem kontrol seperti halnya komputer yang digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin industri dan kontrol proses untuk menggantikan operator tenaga manusia. Industrialisasi itu sendiri merupakan tahapan dalam pelaksanaan mekanisasi, dimana konsep mekanisasi tetap mesin-mesin industri dilakukan manusia sebagai operator dengan menempatkan mesin sebagai pembantunya sesuai dengan permintaan kerja secara fisik, yang jelas terjadi penurunan besar-besaran kebutuhan manusia sebagai sensor begitu juga berkaitan dengan mental kerja.

Dalam operasional otomasi industri tidak jarang akan ditemui kegagalan, kerusakan atau gangguan yang harus diantisipasi dalam bentuk perawatan dan pemeliharaan disamping layanan prima dalam instalasi dan setup awal penerapan otomasi industri.

maka dengan hadirnya sensor diharapkan akan ada feedback permasalahan yang mungkin akan timbul. Disamping itu para Automation Engineer / Teknisi dalam hal ini juga akan mendapatkan keuntungan dalam pengecekan awal dan investigasi permasalahan. Kembali lagi pada tujuan awalnya diharapkan teknik otomasi ini akan mendukung efisiensi dan kinerja aspek aspek pendukungnya.

Dilihat secara hardware dan software sistem otomasi banyak berhubungan dengan komponen elektronik, program komputer, pengukuran, sensor, aktuator dan sistem pengaturan, oleh karena itu seorang pekerja yang memberikan layanan dan penjaminan kualitas terhadap operasional sistem industri harus memiliki kompetensi di bidang tersebut di atas dilandasi teori dasar dan sikap yang profesional.

Leave a Reply